Thursday 16 May 2013

Efek Samping Penggunaan Bahan Kimia Rumah Tangga dan Pencegahannya


Mengingat banyaknya kata kunci yang masuk dengan kata "Efek samping bahan kimia, pemutih dan bahan kimia dalam rumah tangga lainnya, maka saya coba membagikan informasi mengenai hal tersebut kepada Sahabat Imagine473 yang sedang membutuhkannya.Bahan Kimia Rumah tangga yang sering digunakan adalah pembersih,pemutih, pembasmi serangga dan pewangi. Dibagian ini yang pertama akan dibahas mengenai "Efek samping Penggunaan Produk Pembersih". 

Meskipun dalam kehidupan sehari-hari memberikan manfaat namun bisa juga menimbulkan sejumlah permasalahan baik terhadap tubuh, kesehatan dan lingkungan.


Efek samping Penggunaan Produk Pembersih (sabun atau detergen) adalah : 

Menimbulkan limbah rumah tangga berupa busa. Busa yg ditimbulkan sabun dapat diuraikan oleh mikroorganisme didalam tanah, sedangkan busa yang dihasilkan dari detergen sulit diuraikan oleh mikroorganisme didalam tanah.

Mengapa bisa demikian?Karena detergen tersusun atas senyawa berantai lurus dan panjang yang disebut  Linear Alkylbenzena  Sulphonate (LAS) dan senyawa rantai bercabang yang disebut Alkyl Benzene Sulphonate(ABS).LAS lebih mudah diuraikan  oleh mkiroorganisme dibandingkan dengan senyawa ABS.

LAS hanya bisa terdegradasi dalam lingkungan aerob(dengan oksigen).Bahan pembersih mengandung bahan kimia antara lain natrium karbonat atau natrium hidroksida dan silica. Apabila bahan ini terminum maka dapat menimbulkan radang pada mukosa mulut dan muntah-muntah.

Sedangkan yang mengandung ABS (deterjen) akan menyebabkan alergi pada kulit sensitive. Selain itu bahan ini merupakan zat pencemar air, karena sukar diuraikan oleh mikroorganisme dalam air. Untuk bahan pembersih yang mengandung PCE dapat menyebabkan asma dan alergi bahkan yang lebih parah kanker hati.

Bahan aktif yang digunakan pada pembersih lantai adalah benzalkonium klorida. Zat ini bersifat detergen sekaligus sebagai desinfektan, bersifat kaustik, dan korosif. Pada konsentrasi berlebih dapat mengritasi kulit dan jika mengenai mata akan menyebabkan gangguan seperti gatal bahkan dapat menyebabkan kerusakan kornea.

Bahan aditif detergen lainnya yang biasa digunakan adalah STTP (Sodium Tripolyphospat). STTP adalah  bahan aditif yang dimaksudkan untuk mengatasi Kesadahan dan mencegah kotoran melekat lagi dibahan yang dicuci. Akan tetapi dalam STTP terkandung Fosfat, nutrisi yang diperlukan tumbuhan. Apabila terlalu banyak detergen yang dibuang keperairan mengakibatkan terpacunya perkembangan tumbuhan air seperti ganggang dan ecek gondok. Jika terlalu bayak ganggang dan eceng gondok maka kadar Oksigen dalam perairan akan semakin menipis bahkan habis. Hal ini akan mematikan semua organisme, seperti ikan dan hewan air yang hidup diperairan tersebut karena kekurangan Oksigen.

Selain menimbulkan limbah busa, sabun dan bahan pencuci merupakan salah satu bahan kimia dirumah tangga yang berbahaya, maka cara penyimpanannya harus benar dikarenakan tidak banyak yang tahu mengenai kandungan dan bahaya bahan aktif yang terdapat didalamnya.

Untuk upaya pncegahannya dapat dilakaukan antara lain dengan cara :
  • meggunakan detergen dengan konsentrasi yang encerda kadar ABS yang rendah.
  • menggunakan detergen yang mudah terurai, sperti sodium dodesil sulfat(SDS).
  • menyimpan sabun pada tempat yang benar sehingga jauh dari jangkauan anak.
  • untuk yang menggunakan PCE pakaian yang di dry clean harus diangin-anginkan dulu agar bahan kimia tersebut menguap.
                                                                                                                                       
mikroorganisme adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan
kaustik adalah dapat terbakar, berkarat, hancur, atau rusak akibat peristiwa kimia.
korosif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif. 
desinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan


Sumber : 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Recent Posts

Unordered List

Copyright © Imagine473 | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com