Friday 1 June 2012

Nomor Unik Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah di pagi ini suasananya sejuk dengan hanyatnya sinar mentari pagi menambah rasa syukur terhadap Kuasa Illahi.

"Sertifikat Kompetensi Keahlian Farmasi dari Dinkes" menjadi kata kunci pertama untuk memulai blogwalking pagi ini. Dilatar belakangi karena saya tidak pegang sertifikat itu. Akhirnya cek ricek ke temen, taunya emang ada. Lantas kemana punya Saya?

Tapi sudahlah, tinggalkan dulu. Postingan kali ini saya share mengenai Nomor Unik Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian hasil saya search dari om Google. Sampai di pertemukan dengan blog mPunya Pafi yaitu www.pafi-blog.info.
Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK)
merupakan surat yang wajib dimiliki bagi setiap lulusan Farmasi baik SMF atau D3 sebagai bukti legalitas izin kerja seorang Asisten Apoteker. Sedangkan Nomor STRTTK itu sendiri merupakan angka unik yang dicantumkan di STRTTKyang membuktikan bahwa TTK (Tenaga Teknis Kefarmasian) yang bersangkutan telah terdaftar dengan nomor registrasi tersebut. Kalau dulu penomoran sepenuhnya dilakukan oleh Dinkes, tetapi sekarang TTK memiliki nomor registrasi tersendiri, makanya dibilang unik. Penomorannya pun didasarkan pada format tertentu yang secara nasional telah ditetapkan pemerintah untuk digunakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi dalam penerbitan surat tersebut.
Karena penomoran yang dilakukan dengan format tertentu yang secara nasional, maka STRTTK tetap diakui keabsahannya dalam melakukan pekerjaan kefarmasian. Walaupun TTK pindah lokasi  kerja selama masih dalam wilayah Indonesia.
Untuk masa berlaku STRTTK selama 5 (lima) tahun yang dieproleh melalui Dinas Kesehatan Provinsi setempat. .Tetapi untuk daerah tertentu seperti di Jawa Timur dapat melalui Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2) dengan syarat ditandatangani oleh Kepala Dinkes Propinsi setempat.Enam bulan sebelum masa berlaku habis silahkan melakukan perpanjangan.
Nah, sebelum cek ricek kisi-kisi untuk angka unik yang tersemat di STRTTK perhatikan dulu contoh  format penulisan berikut : 19850317/STRTTK_33/2005/24004. Sudah sesuaikah ?. Jika sudah sesuai, maka kemungkinan sudah 50 % benar. Sekarang kita cek ricek kebenarannya informasi apa saja yang ada di nomor tersebut.
Pertama : "19850317" adalah tahun, bulan, dan tanggal kelahiran TTK yang bersangkutan.
Kedua : "STRTK_33"  adalah nomor urut kode propinsi, nomor 33 itu sendiri menunjukan kode daerah Jawa Tengah.
Ketiga : "2005" adalah tahun kelulusa pendidikan sebagai Tenga Kefarmasian.
Keempat : "24004" untuk yang terakhir ini terdiri dari dua informasi, yaitu angka "2" dan "4004". Angka "2" mengnfromasikan jenis kelamin wanita dan "1" unuk pria. Sedangkan "4004" adalah nomor registrasinya.

Oke teman-teman dicukupkan dulu postingan kali ini. Selamat bagi yang udah punya STRTTK bagi yang belum tetap usahakan biar lebih cepat. Sayanya mau lanjutin dulu cari Sertifikat Kometpensi Keahlian  . .
Terimakasih dan semoga bermanfaat.!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Recent Posts

Unordered List

Copyright © Imagine473 | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com