Thursday 24 May 2012

Cara Mudah Memasang Plugin " Like Box Facebook "

Cara Mudah Memasang Plugin " Like Box Facebook " - Sahabat pasti udah sering ngeliat tampilan Like Box seperti terpasang di side bar. Tetapi bagaimanakah cara membuatnya ?
Hal ini sebenarnya mudah kalau sahabat udah tau caranya. Tapi, ketika belum tau, ya agak sulit juga. Saya pun sempat kesulitan ketika pertama kali memasang plugin facebook Like box itu.
Berikut adalah langkah - langkah mudah yang bisa sahabat ikuti untuk memasang Plugin Facebook Like Box di blog kesayangan sahabat :

1. Langkah Pertama : agar lebih mudah silahkan Log In terlebih dahulu ke akun Facebook sahabat.
2. Langkah Kedua : buka halaman ini http://www.facebook.com/pages/create.php. untuk membuat Fans Page. Yaitu silahkan sahabat pilih/klik kategori Fans Page yang ingin di buat.
Kategorinya yaitu :
a. Bisnis dan Lokasi Usaha
b. Buku dan Majalah

c. Film
d. Lainnya
e. Merek dan Produk
f. Musik
g. Perusahaan dan Organisasi
h. Situs web dan blog
i. Televisi.
Nah, dari setiap Kategori di atas memiliki masing-masing spesifik, jadi sesuaikan aja sama kebutuhan.
Disini di contohkannya memilih kategori " Situs dan Blog ".
3. Kemudian pilih opsi "Blog Pribadi ",  silahkan sahabat isikan nama halaman yang di inginkan. Beri tanda centang pada " Saya Setuju . . . " lalu klik " Mulai ".
4. Kalau udah, pada langkah ini sahabat silahkan melakukan pengaturan terlebih dahulu sesuai dengan panduan, seperti mengupload Foto Profil, menambah informasi, dan lain sebagainya. Atau lewati dan langsung pada tahap " Cara Membuat dan Memasang Like Box "
5. Klik tombol " Kotak Suka "

6. Sekarang saatnya membuat " Plugin facebook Like Box ",  biar lebih cepat klik/atau copas  link ini  ke browser : http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like-box/.
7. Disini udah di sediain form isian, yang bisa diatur sesuai selera, seperti tampak di bawah ini :
Uraian dari Form di atas :
  • Facebook Page URL yaitu URL Facebook Page URL sahabat, misalnya : http://www.facebook.com/pages/Imagine473/366850006681061?ref=tn_tnmn
  • Width yaitu lebar dari like Box, usahakan jangan lebih besar dari lebar side bar widget.
  • Height yaitu tinggi dari Like Box yang ingin di buat.
  • Color Scheme yaitu pilihan warna yang hanya ada 2 (dua) pilihan light (putih) dan dark (gelap).
  • Show Faces yaitu opsi untuk menampilkan atau tidak wajah liker (yang mengklik suka), beri tanda centang jika mau ditampilkan.
  • Border Colour  yaitu untuk menentukan warna garis tepi Like box menggunakan kode warna heksa. Tetapi jika ingin transparan cukup kosongkan saja !
  • Show Stream yaitu untuk menentukan ditampilkan atau tidaknya post terakhir dari Like Box.
  • Show Header yaitu untuk menentukan ditampilkan atau tidaknya tulisan "Find Us on Facebook / Temukan Kami di Facebook ".
8. Tahap terakhir, Klik tombol "Get Code" untuk mendapatkan kode untuk dipasang di widget blog sahabat. Akan tampil pop up windows dengan 3 (tiga) pilihan kode : HTML5, XFBML dan iFrame Pilih salah satu dan copy kodenya, katanya kalau untuk Blogger pilih HTML5 sedangkan untuk yang Wordpress pilih iFrame. Tapi kalau mau di coba satu-satu juga silahkan, nanti mana yang paling pas.
9. Sebagai tahap Finishing untuk memasangkannya
untuk blogger : Masuk ke Dashboar--> Tata letak > pilih posisi widget akan dipasang kemudian tambahkan widget > pilih JavaScript > paste kode HTML5 nya. Sperti berikut :
<div id="fb-root"></div>
<div class="fb-like-box" data-href="http://www.facebook.com/pages/Imagine473/366850006681061?ref=tn_tnmn" data-width="292" data-show-faces="true" data-stream="true" data-header="true"></div>
klik Save
Untuk yang Wordpress masuk ke dashboard > Widget, posisinya sesuaikan dengan keinginan > Teks atau HTML > pastekan kode iFrame nya> klik simpan

Oke ! Mudah kan ? Semoga tulisan ini bermanfaat. Silahkan try out!
Thanks
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Recent Posts

Unordered List

Copyright © Imagine473 | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com