Tuesday 15 January 2013

Tentang USB Flash Disk

Hallo . . . !!
Sahabat Imagine473 'Sang Peraih Mimpi'

Lagi, postingan kali ini masih ada sangkut pautnya dengan kata USB. Kalau sebelumnya membahas tentang Mengenal USB (Universal Serial Bus) sedangkan pada postingan kali ini topik bahasannya adalah USB Flashdisk.

USB flash disk sering disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Disk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.
Berat nya tidak lebih dari 30 g. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash disk ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte. Sedangkan per September 2011 kapasitas yang tersedia sampai 256 gigabytes (GB). 

Baru baru ini salah satu produsen USB Flash Disk terbesar yakni 
"Kingston, dikabarkan siap Pasarkan USB Flash Drive Berkapasitas 1 TB "
(Terabyte) atau setara dengan 1.000 GB.

USB Flash Disk sebagai salah satu media penyimpanan data removable, menjadi pilihan banyak orang karena memiliki banyak kelebihan dibanding media peyimpanan lainnya khususnya cakram flofy atau Cakram padat. Karena tidak memiliki bagian yang bergerak baik itu piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik. .

Meskipun ukurannya kecil, tetapi kecepatan transfer datanya lebih cepat. Juga didukung dengan ruang penyimpanan (kapasitas) yang cukup besar. Sehingga USB Flash disk lebih bisa diandalkan.

USB Flash drive menggunakan USB mass storage standar, didukung oleh sistem operasi modern, seperti Linux , Mac OS X , Windows , dan Unix. USB drive dengan dukungan USB 2.0 port dapat menyimpan lebih banyak data dan mentransfer data yang lebih cepat dibandingkan disk drive optik lainnya seperti CD-RW atau DVD-RW drive. Juga dapat dibaca oleh sistem lain seperti Xbox 360 , PlayStation 3 , pemutar DVD dan dalam beberapa ponsel smartphone. Dalam perkembangan dewasa ini USB Flash Disk sudah ada yang suport generasi 3.0 port dengan performance yang lebih baik dari generasi sebelumnya.
Dari artikel pada wikipedia menyebutkan USB Flash disk pun memiliki kelemahan. Umur penyimpanan data yang lebih singkat berkisar rata-rata 5 tahun.Dikarenakan memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Sedangkan cakram padat memilki umur peyimpanan data yang lebih lama bisa sampai 12 tahun. Kalau untuk CD/DVD berkualitas (dan bermerk terkenal) bisa bertahan hingga 15 tahun itupun jika cara penyimpanannya benar.


USB Flash Disk pada Windows 

Sistem operasi Microsoft Windows menerapkan USB flash disk sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB flash disk merupakan sebuah perangkat plug and play, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan flash disk tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari USB flash disk tersebut.

Akhir-akhir ini, banyak virus komputer lokal seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB flash disk sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan disket. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses flash disk teserbut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus.

Perlu diperhatikan juga proses unconnect atau eject USB Flash Disk dari port USB Komputer. Biasakanlah melakukan pelepasan yang aman (Safe Removal). Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan hilangnya data karena belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Juga karena pencabutan secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak.

Dengan melakukan pencabutan secara aman akan memperpanjang masa USB Flash Disk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flash disk diamankan terlebih dahulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen falshdisk) dapat dicegah deh.

Next, bersambung ke postingan berikutnya yaa. . . masih berkaitan dengan USB.
Semoga bermanfaat ya buat Sahabat Imagine473 'Sang Peraih Mimpi',
Terimakasih kepada sumber referensi.

Masih senang dengan selogan ini :
"What I read is What I share "


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Recent Posts

Unordered List

Copyright © Imagine473 | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com